Senin, 04 April 2011

Hidup Sehat Dengan Mengatur Pola Makan Dan Adapun tips Dalam Menurunkan Berat Badan ( Berdiet)

Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Tapi di zaman sekarang ini, yang serba sibuk dan serba instan, hidup sehat ini cukup sulit untuk didapatkan. Salah satu cara untuk bisa menjalankan hidup yang sehat adalah melalui pola makan kita. Sebagai seorang pecinta kuliner, kita harus tau bagaimana menjaga pola makan yang sehat, agar kegemaran kita icip-icip berbagai makanan tidak mengganggu metabolisme tubuh kita. Dengan pola makan yang baik, berat tubuh kita akan seimbang, sehingga kerja organ tubuh kita pun maksimal.

Biar hobby kita ini bisa terus berlanjut, yuk intip, gimana sih caranya menjaga pola makan kita.
Tambah asupan serat
Serat membuat Anda kenyang lebih cepat dengan kalori yang lebih sedikit, sehingga mencegah makan berlebih. Sebuah studi dari Brooke army medical center di Houston Texas menemukan, pectin (serat larut) yang terkandung dalam kulit buah dan sayuran bisa membuat orang kenyang lebih lama. Untuk memperbanyak asupan serat, jadikan buah, sayuran, kacang polong dan whole grain (seperti roti whole wheat, beras merah dan sereal whole grain) sebagai bahan dasar diet Anda.
Pilih makanan rendah lemak
Setiap gram lemak mengandung lebih banyak kalori dibandingkan setiap gram protein atau karbohidrat. Mengonsumsi diet tinggi serat, kaya buah, sayuran dan whole grain secara alami membantu Anda mengurangi konsumsi lemak. Selain itu, cobalah membatasi penggunaan minyak dan mentega. Beralihlah ke produk susu, seperti susu bebas lemak, keju rendah lemak dan yogurt rendah lemak. Jika makan daging, pilihlah ayam tanpa kulit atau daging rendah lemak dalam porsi kecil.
Porsi sedang
Tidak ada makanan yang buruk sepanjang dikonsumsi dalam jumlah sedang. Makanan rendah lemak sekali pun akan memicu pertambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Silahkan menikmati semua makanan dalam jumlah sedang.
Gunakan semua indra
Makanan porsi besar akan tetap membuat Anda tidak puas jika dikonsumsi dengan cepat. Cobalah fokus pada makanan dan nikmati setiap gigitannya. Lihat piring dan pelajari warna serta tekstur makanan. Biarkan mata Anda menikmati makanan, selanjutnya tutup mata dan biarkan indra penciuman bekerja. Kemudian, mulailah mengunyah setiap gigitan dengan perlahan dan pastikan menikmati rasa makanan sebelum menelan. Dengan cara ini, Anda bisa memuaskan semua indra dan memerlukan lebih sedikit makanan untuk mendapatkan kepuasan.
Perhatikan jumlah sajian per kemasan
Banyak makanan dalam kemasan yang ditujukan untuk beberapa sajian. Jadi, saat Anda mengonsumsi makanan dalam bentuk tumpukan kecil, seperti nasi, pasta atau roti, pastikan membaca label dan memperhatikan jumlah takaran saji per kemasan.
Perbanyak sayuran
Jangan lupa menyertakan sayuran dalam setiap sajian makanan yang Anda nikmati.


Gunakan bumbu
Lemak bukan satu-satunya cara memperkaya rasa makanan. Anda juga bisa menggunakan saus tanpa lemak, seperti teriyaki, cuka atau dressing salad tanpa lemak. Cobalah menambahkan bumbu atau rempah ke dalam sayuran dan daging untuk menambah rasa tanpa lemak.
Ngemil sayur dan buah
Tidak ada salahnya mengudap saat sedang berusaha menurunkan berat badan. Tapi, pilihlah kudapan sehat seperti buah dan sayuran, crackers whole wheat atau susu bebas lemak.
Adapun Kajian Lebih Lanjut Mengenai Memakan Sayuran-Sayuran Yang Dapat Membuat Badan Kita Sehat. Dan ini lah Penjelasannya Mengenai Manfaat Sayuran :
Sayuran memiliki nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, yang penting untuk hidup sehat. Makan sayuran membantu dalam mengendalikan berat badan.
1. Sayuran rendah lemak yang membantu dalam mengendalikan berat badan.
2. Sayuran rendah di kalori.
3. Sayuran mengandung serat tinggi yang mengisi perut dengan cepat.
4. Tubuh dapat menyerap zat penting dari sayuran mudah.
5. Sayuran rendah sodium.
Best Sayuran untuk Losing Weight :
1. Makan kacang-kacangan sayuran seperti Gram (Channa), kacang polong (Green Membunuh), Kedelai, Pinto Beans, lentil (Dari) dan lain-lain.
2. Seluruh makanan seperti gandum Gandum (Gehu)& havermut (Daliya)
3. Panggang kentang
4. Makan sayur yang mengandung kalori rendah seperti Wortel, Timun, Lobak (Muli), kol kembang (Fulgobhi), tomat, jamur.
5. Makan serat sayuran seperti Beets (Chukandar), kubis (Patta Gobhi), jagung, Bawang, Peppers, fenugreek.
6. Makan sayuran secara teratur adalah kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan yang baik & menurunkan berat badan.
Best Sayuran untuk Losing Weight :
Anda bisa menurunkan berat badan baik dengan mengurangi asupan kalori atau meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Sangat penting untuk melakukan beberapa latihan setiap hari. Jika seseorang melakukan pekerjaan duduk dari 8 jam atau lebih, ia harus berjalan setidaknya 20-25 menit dalam sehari. Latihan seperti pagi & berjalan malam selalu bermanfaat karena membantu dalam peregangan otot Anda dan memperbaiki fungsi bagian tubuh.
Kita sebagai Manusia Pasti Memiliki Berat Badan Yang Berbeda-beda, Tetapi kita Semua Pasti Ingin Memiliki Tubuh, Yang Ideal atau Bagus dalam arti sehat dan Tidak kelebihan Berat Badan. Biarpun tidak Sampai Memiliki tubuh seperti atletis tetapi kita ingin memiliki badan atau tubuh yang normal, banyak sekarang ini yang mengalami masalah dalam berat badannya, para ledies and gentle tak usah hawatir ada tips-\tips dalam menurunkan berat badan atau berdiet yaitu :
JIKA ingin menurunkan berat badan dan mengubah hidup, terlebih dahulu Anda harus mengubah cara pikir mengenai diet dan jangan membebani diri Anda dengan segala program diet dan aturan penurunan berat badan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai diet dan program penurunan berat badan.
Berhentilah cemas. Tidak peduli seberapa gemuknya Anda, berhentilah mencemaskan kondisi Anda. Mengapa? Cemas akan membuat Anda tetap gemuk. Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah rileks. Begitu Anda rileks, Anda bisa mulai memilih hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan.

Lupakan diet instan. Cara tersebut tidak ada. Anda bisa mendapatkan tubuh indah impian Anda, tetapi tidak akan pernah dalam semalam. Seberapa lama waktu yang diperlukan? Bergantung pada berat badan Anda sekarang, gaya hidup, tingkat stres serta beberapa faktor pendukung lainnya.
Tidak perlu takut pada makanan. Mengapa? Karena makanan sangat menakjubkan, khususnya untuk menurunkan berat badan. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah berteman dengan makanan. Kuncinya? Perbanyak makanan yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan (misalnya buah dan sayuran yang kaya serat).
Lupakan kontrol porsi. Mengapa? Karena menurunkan berat badan tidak ada hubungannya dengan porsi kecil. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan memenuhi piring Anda dengan makanan yang sehat.
Lupakan membeli makanan diet spesial. Mengapa? Menurunkan berat badan tidak ada kaitannya dengan makanan khusus diet. Cara terbaik menurunkan berat badan tetaplah mengonsumsi makanan sehat biasa.
Lupakan hitungan kalori dan pil diet. Mengapa? Menghitung kalori dan menggunakan pil diet tidak akan membuat Anda tetap langsing dan yang pasti tidak akan membantu Anda agar tetap sehat. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan menerapkan kebiasaan makan sehat.
Lupakan memfokuskan olahraga. Mengapa? Karena menurunkan berat badan tidak terlalu berkaitan dengan olahraga. Tentu saja aktivitas fisik sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi, olahraga cenderung mengalihkan perhatian Anda dari hal yang terpenting, yaitu mengatur pola makan sehat. Jika benar-benar ingin menurunkan berat badan, ubahlah pola makan Anda terlebih dahulu. Selanjutnya baru berolahraga secara teratur.
Lupakan minum bergalon-galon air. Mengapa? menurunkan berat badan tidak ada hubungannya dengan memenuhi diri dengan cairan. Minumlah untuk memuaskan dahaga, bukan untuk menurunkan berat badan.
Lupakan kesalahan diet di masa lalu. Mengapa? Masa lalu sudah berlalu. Orang yang sukses menurunkan berat badan adalah orang yang mengakui kesalahan mereka sebelum mengubah pola makan dan berhasil menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar