Kamis, 20 Oktober 2011

Bahayanya pencemaran udara terhadap kesehatan

Bebicara mengenai pencemaran udara mungkin sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Dan bahayanya yang semakin memprihatinkan. Karna udara yang kita hirup sehari-hari banyak mengandung zat-zat asing yang berbahaya bagi kesehtan kita.
Banyak penyebab udara menjadi tercemar salah satunya kegiatan manusia. Semakin banyaknya kendaraan bermotor,pabrik dan industri yang bukan mengeluarkan asap kotor tetapi juga beracun karna mengandung banyak bahan kimia. Dan dari kesemuanya itu, kegiatan transportasi yang memegang peranan yang paling besar sebagai
sumber pencemar udara. Pencemaran udara juga ternyata dapat mempengaruhi beberapa komponen sumberdaya
alam yang penting bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia, seperti tanaman
pertanian, vegetasi hutan, perikanan, ternak, satwaliar serta dapat mengganggu pula
iklim, tanah dan air.

Dan udara yang tercemar tak dapat kiranya diekspresikan dengan besarnya kerugian
estetis yang dapat diakibatkannya. Pemandangan yang indah seperti gunung yang menjulang
tinggi atau lembah dengan air terjun yang indah dengan bunyi gemercik yang
khas dapat lenyap dari pandangan mata, berganti dengan asap dan kabut yang memedihkan
mata serta menyesakkan pemafasan. Hal ini tentunya merupakan kendala yang
sangat merugikan.
Tidak menutup kemungkinan hal itu akan mengancam kehidupan kita. Akibat pencemaran udara, banyak bibit penyakit yang bermunculan dan menggerogoti kekebalan tubuh kita.
Belum lagi pabrik dan industri besar yang setiap hari nya mengeluarkan asap berwarna hitam, dan kita pun merasakan cuaca yang tak menentu, mungkin hal tersebut salah satunya disebabkan telah tercemarnya udara, dan banyaknya kendaraan bermotor mengeluarkan gas karbondioksida, lambat laun akan membuat lapisan ozon menipis, tak heran bumi kita semakin panas.
Akibat pencemaran udara terhadap kesehatan kita.
Tentunya kita sendiri yang akan merasakan akibat dari pencemaran udara. Terutama berefek terhadap kesehatan kita. Selain merasakan udara yang tidak enak karena panas dan kering, dampak kesehatan yang dapat dirasakan adalah terganggunya saluran pernapasan. Akibatnya banyak yang menderita asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya.

Dan secara umum efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan terjadinya:
1. Iritasi pada saluran pernafasan. Hal ini dapat menyebabkan pergerakan silia menjadi lambat, bahkan dapat terhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan.
2. Peningkatan produksi lendir akibat iritasi oleh bahan pencemar.
3. Produksi lendir dapat menyebabkan penyempitan saluran pernafasan.
4. Rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan.
5. Pembengkakan saluran pernafasan dan merangsang pertumbuhan sel, sehingga saluran pernafasan menjadi menyempit.
6. Lepasnya silia dan lapisan sel selaput lendir.
Akibat dari hal tersebut di atas, akan menyebabkan terjadinya kesulitan bernafas sehingga benda asing termasuk bakteri/mikroorganisme lain tidak dapat dikeluarkan dari saluran pernafasan dan hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernafasan.
Jadi, Pencemaran udara dapat mempengaruhi kesejahteraan manusia, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. Pengaruh pencemaran udara secara langsung dapat berupa penyakit dan kematian, sedangkan pengaruhnya secara tidak langsung adalah terganggunya berbagai sumberdaya alam yang penting untuk kehidupan dan kesejahteraan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar